7 Cara Jadi Ahli SEO dari Lulusan Sarjana Universitas Nurdin Hamzah

 

Bagi kamu yang berkutat dengan dunia digital marketing, pastinya mengenal Search Engine Optimization (SEO). Bahkan, kini SEO semakin dikenal sejalan era digitalisasi yang hampir terjadi di seluruh sektor kehidupan manusia. Baca juga: Sosok Sheinna, Lulusan Terbaik ITS dengan IPK 3,99 SEO merupakan langkah optimasi untuk meningkatkan posisi dan visibilitas website pada mesin pencarian, dengan begitu pengguna lebih mudah bisa mengakses website itu. Nah salah satu orang yang mahir dengan SEO adalah Marsuki. Dia lulusan Sarjana Jurusan Teknik Informatika Universitas Nurdin Hamzah di tahun 2016. Dia sudah mahir SEO sejak tahun 2010. Berkat dia mendalami dunia komputer dan internet sejak lulus SMA. Bukti Marsuki mahir dalam SEO adalah lebih dari 1.000 proyek digital yang sudak dikerjakannya, baik skala nasional maupun mancanegara. “Saya sudah mendalami dunia pemrograman sejak 2012. Perjalanan karier saya sejak mengangkat nama perusahaan hingga UMKM lewat optimalisasi di Google,” ucap dia dalam keterangannya, Jumat (1/4/2022). Sejak memulai karier sebagai programmer di salah satu perusahaan di Kota Palembang, dia terus melebarkan sayap hingga akhirnya menjajal peruntungan berkarier sebagai freelancer di Thailand. Setelah itu, dia memutuskan berhenti dan fokus membangun usaha bernama Pondoksoft, yakni software downloader. Kemudian, dia mulai mendalami lebih jauh tentang ilmu SEO. Hingga akhirnya di 2016, dia mendirikan perusahaan teknologi yang bergerak di bidang pengembangan aplikasi dan pengoptimalan mesin pencari di Google, yakni bernama Dataseo.

7 cara menjadi mahir SEO

Sebagian besar orang yang mahir dengan SEO akan bekerja secara langsung dengan tim pemasaran atau pemasaran digital yang lebih besar. Sehingga mereka bisa bekerja dengan tim pemasaran medis sosial, tim pemasaran email, dan pemasar mesin pencari. Namun secara lebih luas, SEO mempengaruhi hampir setiap bagian situs perusahaan, berarti mempengaruhi juga hampir setiap bagian dari sebuah perusahaan. Akibatnya, para profesional SEO juga bekerja dengan tim pengembangan, desain, penjualan, TI, dan layanan pelanggan, meskipun beberapa memilih untuk bekerja paruh waktu atau lepas. Spesialis serta SEO memiliki sejumlah tanggung jawab, meski ini mungkin bergantung pada perusahaan dan industri tempat mereka beroperasi.

Dia menyebut, setiap spesialis SEO yang bekerja sebagai freelancer atau di perusahaan pemasaran harus memiliki sejumlah keterampilan dan kemampuan penting, seperti ini:

1. Analisis situs

Untuk keberhasilan setiap kampanye pemasaran SEO, sangat penting bahwa situs web perusahaan target memenuhi standar pengoptimalan mesin pencari terbaru. “Kata kunci, tautan balik, pemformatan, dan konten hanyalah beberapa area penting yang dipertimbangkan oleh spesialis SEO saat menganalisis, mendesain ulang, dan membangun kembali situs web,” ungkap dia.

2. Optimasi kata kunci

Meneliti kata kunci dan menggabungkannya secara organik ke dalam situs web sangat penitng untuk halaman yang dioptimalkan untuk SEO. Profesional SEO pun perlu jeli dalam mengetahui kata kunci yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan klien mereka

.

3. Memahami opsi mesin pencari

Ini mungkin pekerjaan paling penting dari seorang SEO, yakni memahami opsi mesin pencari. “Pakar SEO harus dapat mempertahankan pemahaman terkini tentang apa yang digunakan mesin pencari utama, Google. Karena, kriteria SERP menginformasikan semua pilihan desain yang dibuat spesialis SEO,” terang dia.

4. Pemrosesan analitis

Keterampilan yang perlu dikuasai lebih lanjut adalah setiap SEO harus mampu menganalisis masalah, menemukan sumber daya yang sesuai, dan mengembangkan solusi yang merupakan inti dari tanggung jawab pekerjaan SEO.

5. Pembuatan konten

Konten adalah salah satu faktor penting SEO. Meskipun kata kunci penting, konten tekstual, informasi, dan grafis yang membentuk halaman juga harus dibuat spesialis SEO.

6. Keterampilan teknologi informasi

Orang yang ahli SEO harus memiliki latar belakang yang kuat dalam HTML, CSS, sejumlah bahasa pemrograman, dan keakraban dengan berbagai sistem operasi dan platform perangkat keras.

7. Manajemen klien

Seorang yang mahir SEO juga perlu mengetahui tujuan perusahaan atau kliennya. Itu agar bisnis yang dijalankan perusahaan tepat sasaran. Meskipun sudah menjadi ahli SEO, dia tetap belajar terus menerus tentang SEO. Kini, dia sedang menyelesaikan kuliah S2 Ilmu Komputer di Kota Jambi.

sumber:https://www.kompas.com/edu/read/2022/04/01/114918571/7-cara-jadi-ahli-seo-dari-lulusan-sarjana-universitas-nurdin-hamzah?page=1

“Selamat Datang di Masa Depan”

PT. Sumber Raya Data Solusi

Smart Way to Digital Solutions

Bidang Usaha / jasa :

  • Jasa Digital Marketing (DIMA)
  • Jasa Digital Ekosistem (DEKO)
  • Jasa Digital Ekonomi (DEMI)
  • Pembuatan Masterplan system berbasis komputasi
  • Internet Of Thing (Smart Home dan Smart Office)
  • Pembuatan dan Pengembangan Aplikasi Antar Platfrom
  • Konsultan Aplikasi MicroBanking beserta Implementasinya
  • Pembuatan dan pengembangan infrastruktur jaringan internet
  • Pembuatan dan manajemen jaringan komputer
  • Pengadaan Hardware Komputer
  • Jasa Maintenance jaringan computer

Hubungi Widi Prihartanadi / Wendy Via Jonata : 0877 0070

0705 / 0811 1085 705

Email:

info@sumberrayadatasolusi.co.id

https://sumberrayadatasolusi.co.id/

Sumber Raya Data Solusi menyediakan layanan teknologi informasi.

menyadari bahwa industri digital sedang berkembang pesat. maka PT. Sumber Raya Data Solusi siap bersaing terutama dalam bidang digital marketing. Dan untuk unggul di industri digital PT. Sumber Raya Data Solusi mencoba segalanya. di mana teknologi & kreativitas menyatu menjadi strategi digital.

#sumberrayadatasolusi #SRDS #digitalmarketingSRDS #teknologidigital

#strategidigital #socialmediamarketing #marketing #marketingdigital #digital #SEO #socialmedia #business #marketingstrategy

23 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top