Kuliah Umum UAD: Ini Strategi Jitu Bisnis Pasar Global lewat Medsos

Kini, peluang bisnis terbuka luas. Apalagi dengan pesatnya kemajuan teknologi menjadikan usaha bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Bahkan data dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) pada 2019, Indonesia menempati peringkat pertama di dunia dalam pertumbuhan nilai perdagangan elektronik (e-commerce) dengan angka mencapai 78 persen. Sedangkan peringkat kedua ialah Meksiko dengan nilai pertumbuhan sebesar 59 persen. Kondisi ini mengindikasikan bahwa usaha perdagangan elektronik memiliki nilai ekonomi yang bagus.

Sehingga dengan adanya media sosial (medsos) harus dimanfaatkan oleh para pelaku usaha, khususnya pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Terkait hal itu, Program Studi (Prodi) Bisnis Jasa Makanan Universitas Ahmad Dahlan (UAD) mengupas tuntas tentang strategi jitu meraih pasar lewat media sosial dalam kuliah umum secara daring yang diadakan, Sabtu (5/3/2022). Adapun pembicaranya ialah Gonzaga Florozentrik, B.B.A., M.A., dan Mufid Salim, S.I.Kom., M.B.A. Menurut Gonzaga, dalam membangun sebuah framework untuk menjadi entrepreneur yang sukses, ada enam poin penting yang harus disoroti, yakni:

1. Mengenal tempat

Mengenal tempat berhubungan dengan masalah sosial di masyarakat terbentuk, terdapat beberapa faktor yang memengaruhinya yaitu politik, ekonomi, sosial dan kondisi, teknologi, hukum, serta lingkungan.

2. Menyelaraskan tujuan

Untuk menyelaraskan tujuan, 3P menjadi peran penting yaitu passion, positioning, patience. Hal ini yang akan membantu untuk menemukan alasan mengapa kita memulai sebuah bisnis, dengan begitu maka tujuan akan menjadi jelas.

3. Membangun tim

Membangun tim, dua komponen yang berperan adalah stakeholder dan shareholder. Keduanya harus berafiliasi untuk membangun ABCDEFGHI (Anchor, Beneficiary, Customer, Donor, Employee, Friends, Government, Home, Investor).

4. Membuat taktik

Membuat taktik dengan menentukan prioritas utama. Pelajari preposisi nilai dan cara mengatur pendapatan serta pengeluaran perusahaan.

5. Menyelesaikan tugas

Menyelesaikan tugas, secara singkat dapat disebut sebagai DELTA, yaitu Direksi dan manajemen perusahaan, Empati dan membuat produk, Luncurkan dan optimalkan popularitas produk, Terjadinya pelayanan dan penjualan produk, Automasi dan operasional perusahaan.

6. Mau tanggung jawab

Tanggung jawab, wajib dilaksanakan oleh seluruh pihak dalam rangka menciptakan sebuah dampak yang bagus. Sedangkan Mufid membahas tentang pemanfaatan media sosial sebagai alat utama dalam berbisnis digital. “Aktif di media sosial belum tentu meningkatkan penjualan, terdapat beberapa faktor yang harus diperhatikan,” terangnya.

Faktor-faktor yang harus diperhatikan:

Promotion, dilakukan melalui media sosial untuk membangun awareness dan engagement agar konsumen menjadi tahu, tertarik, dan akhirnya lebih dekat untuk membeli.

Product, pastikan bahwa produk kita memiliki kualitas yang tinggi, banyak kelebihan, dan ada diferensiasi dari kompetitor.

Price, buat titik tengah antara harga murah bagi konsumen dan margin besar penjualan bagi produsen.

Place, ada baiknya untuk menciptakan consumer touch point atau distribusi produk ke tangan konsumen secara langsung.

Process, manajemen operasional penjualan harus diatur dengan baik untuk mengelola proses penjualan produk.

People, karena tidak mungkin untuk melakukan semuanya sendiri dalam berbisnis, maka buatlah tim yang harmonis dan kokoh untuk mencapai hasil maksimal.

Physical evidence, lebih baik ada display produk agar konsumen bisa melihat dan memastikan sendiri kualitasnya.

sumber:https://edukasi.kompas.com/read/2022/03/12/190700171/kuliah-umum-uad–ini-strategi-jitu-bisnis-pasar-global-lewat-medsos?page=1

“Selamat Datang di Masa Depan”

PT. Sumber Raya Data Solusi

Smart Way to Digital Solutions

Bidang Usaha / jasa :

  • Jasa Digital Marketing (DIMA)
  • Jasa Digital Ekosistem (DEKO)
  • Jasa Digital Ekonomi (DEMI)
  • Pembuatan Masterplan system berbasis komputasi
  • Internet Of Thing (Smart Home dan Smart Office)
  • Pembuatan dan Pengembangan Aplikasi Antar Platfrom
  • Konsultan Aplikasi MicroBanking beserta Implementasinya
  • Pembuatan dan pengembangan infrastruktur jaringan internet
  • Pembuatan dan manajemen jaringan komputer
  • Pengadaan Hardware Komputer
  • Jasa Maintenance jaringan computer

Hubungi Widi Prihartanadi / Wendy Via Jonata : 0877 0070

0705 / 0811 1085 705

Email:

info@sumberrayadatasolusi.co.id

Sumber Raya Data Solusi menyediakan layanan teknologi informasi.

menyadari bahwa industri digital sedang berkembang pesat. maka PT. Sumber Raya Data Solusi siap bersaing terutama dalam bidang digital marketing. Dan untuk unggul di industri digital PT. Sumber Raya Data Solusi mencoba segalanya. di mana teknologi & kreativitas menyatu menjadi strategi digital.

#sumberrayadatasolusi #SRDS #digitalmarketingSRDS #teknologidigital

#strategidigital #socialmediamarketing #marketing #marketingdigital #digital #SEO #socialmedia #business #marketingstrategy

22 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top