6 Elemen Penting E-mail Marketing
E-mail marketing sampai hari ini masih dipercaya menjadi channel marketing yang efektif berdampingan dengan media sosial, SEO, dan affiliate marketing. Bahkan email marketing bisa memberikan Return on Investment (ROI) yang paling tinggi bagi marketers, yakni bisa mendapatkan US$38 untuk setiap dolar yang keluar, dan juga 40 kali lebih efektif dalam mengakuisisi pelanggan dibanding Facebook atau Twitter.
Namun, agar dapat berjalan efektif, brand perlu mempersiapkan strategi e-mail marketing secara matang dan bukan sekadar sembarang mengirimkan e-mail kepada daftar leads. Ada 6 elemen penting yang bisa kita ikut sertakan sehingga strategi email marketing bejalan efektif dan mendapat hasil seperti yang diharapkan.
Baca Juga: Memahami Apa itu Content Marketing
Bersihkan daftar kontak e-mail
Membersihkan daftar kontak email merupakan hal yang penting agar kita bisa mempunyai gambaran yang akurat mengenai efektivitas kampanye e-mail marketing yang dijalankan. Telusuri dan temukan alamat e-mail yang dirasa janggal, juga hapus alamat-alamat e-mail duplikat.
Membersihkan daftar kontak e-mail juga membantu kita untuk memberikan segmentasi kepada para pelanggan berdasarkan demografi, preferensi, minat, bahkan kesiapan pelanggan untuk membeli produk kita. Dan dengan melakukannya kita akan lebih mudah untuk membangun pesan yang dapat diterima baik oleh para audiens. Contohnya, perusahaan kaus bisa meningkatkan pendapatan mereka sampai 141% hanya dari melakukan segmentasi pelanggan dan membuat kampanye marketing bagi segmen peminat baseball.
Ketika audiens atau leads menyukai pesan yang mereka baca, kemungkinan besar mereka akan melakukan tindakan dan mengurangi peluang mereka untuk menekan “unsubscribe”.
Desain yang responsif
Tahukah Anda bahwa 66% e-mail dibuka melalui smartphone? Karena itu, desain yang responsif merupakan unsur penting bagi efefektivitas kampanye e-mail marketing. Jika e-mail tidak optimal pada perangkat mobile, para subscriber akan mengucahkannya, menghapusnya atau bahkan melakukan unsubscribe.
Dalam membuat desain e-mail marketing kita dapat pula menggunakan hierarki visual untuk membantu pembaca mengetahui informasi yang paling penting. Kombinasikan pula teks dengan visual supaya pesan dapat lebih ringkas namun tetap tersampaikan dengan baik dan jelas. Terlalu banyak tulisan bisa membuat e-mail menjadi membosankan, sementara visual yang terlalu ramai akan memusingkan mata.
Selain itu, salah satu cara untuk bisa mendapatkan perhatian pembaca adalah dengan menyajikan GIF. Dengan menggunakan GIF, e-mail dapat terlihat lebih fun, menarik dan pesan pun dapat tersampaikan dengan lebih efektif.
CTA dan link
Tidak ada kampanye e-mail marketing yang efektif tanpa call-to-action (CTA). Penggunakan CTA e-mail dapat mendorong tindakan dari para pembacanya. Kita bisa membuatnya menonjol dengan menggunkan warna yang tebal dan kontras, juga gunakan suatu kalimat yang pendek, catchy, dan kuat untuk mengusik rasa penasaran pembaca.
Contohnya, Canva (sebuah platform desain) menggunakan warna brand mereka yaitu turquoise untuk membuat CTA yang menonjol pada newsletter mereka. Warna tersebut kontras dengan tulisan yang berwarna hitam, yang mendorong ketertarikan pembaca terhadap tombol tersebut. Mereka juga memperkuat CTA tersebut dengan kalimat “Elevate your marketing”, yang membuatnya semakin menarik untuk diklik.
Dan kalau ingin menyertakan link di dalam e-mail marketing, pastikan e-mail tersebut mengarah pada konten yang bermanfaat, seperti artikel, atau whitepaper sebagai informasi tambahan dibanding memberikan email yang terlalu panjang.
Judul (subject) yang menarik
Judul atau subject adalah hal yang pertama dilihat audiens ketika mereka menerima e-mail kita. Dan judul memiliki pengaruh yang besar bagi para pembaca apakah mereka akan membukanya atau tidak. Pada faktanya, 33% masyarakat membuka e-mail berdasarkan judul yang mereka baca.
Buatlah judul secara pendek namun menarik, usahakan maksimal 60 karakter. Judul yang terlalu panjang menjadi tidak ideal pada layar yang lebih kecil seperti layar smartphone. Hindari judul clickbait dan buatlah subject yang sesuai dengan ekspektasi audiens ketika mereka membuka e-mail tersebut.
Salah satu brand yang membuat subjek email secara menarik adalah Duolingo. Mereka menggunakan judul yang singkat namun efektif, juga menambah emoji untuk mencuri perhatian audiensnya.
Personalisasi
Pembaca ingin merasa bahwa e-mail yang kita kirimkan bersifat personal dan hanya ditujukan kepada mereka saja. Karena itu personalisasi e-mail merupakan kunci kampanye e-mail marketing yang efektif.
E-mail yang personal akan membuat audiens merasa spesial. Salah satu cara agar e-mail terasa personal adalah dengan menyertakan nama penerima email, seperti menaruhnya pada judul atau pada ucapan salam yang kita berikan.
Melakukan segmentasi e-mail juga penting. Dengan segmentasi tersebut, kita dapat membuat pesan yang lebih personal sesuai dengan minat mereka. Kita juga bisa memberikan ucapan ulang tahun kepada pelanggan dan lain sebagainya.
Lakukan uji coba dan mengoptimalkannya
Pada akhirnya kita perlu melakukan uji coba dan mengoptimalkan kampanye e-mail marketing untuk bisa mendapat hasil yang terbaik. Kita perlu bermain-main dengan berbagai elemen pada e-mail untuk menemukan mana yang bekerja paling efektif bagi brand kita.
Baca Juga: 5 Tips Melakukan Email Marketing secara Efektif
E-mail marketing memang memiliki kemampuan tinggi supaya pelanggan lebih tertarik dengan brand kita. Memaksimalkan 6 elemen di atas tentunya dapat membantu brand supaya leads mau membuka e-mail yang kita kirimkan, membacanya dan melakukan tindakan seperti yang kita harapkan.
Ingin tahu lebih banyak seputar e-mail marketing? Silakan subscribe MarketingCraft dengan cara klik link di bawah ini!
Subscribe Marketing Craft!
sumber:https://marketingcraft.getcraft.com/id-articles/6-elemen-penting-e-mail-marketing
“Selamat Datang di Masa Depan”
PT. Sumber Raya Data Solusi
Smart Way to Digital Solutions
Bidang Usaha / Jasa :
- Jasa Digital Marketing (DIMA)
- Jasa Digital Ekosistem (DEKO)
- Jasa Digital Ekonomi (DEMI)
- Pembuatan Masterplan system berbasis komputasi
- Internet Of Thing (Smart Home dan Smart Office)
- Pembuatan dan Pengembangan Aplikasi Antar Platfrom
- Konsultan Aplikasi MicroBanking beserta Implementasinya
- Pembuatan dan pengembangan infrastruktur jaringan internet
- Pembuatan dan manajemen jaringan komputer
- Pengadaan Hardware Komputer
- Jasa Maintenance jaringan computer
Hubungi Widi Prihartanadi / Wendy Via Jonata : 0877 0070
0705 / 0811 1085 705
Email:
info@sumberrayadatasolusi.co.id
jasakonsultankeuanganindonesia@gmail.com
Jasakonsultankeuangan.co.id
Sumber Raya Data Solusi menyediakan layanan teknologi informasi.menyadari bahwa industri digital sedang berkembang pesat. maka PT. Sumber Raya Data Solusi siap bersaing terutama dalam bidang digital marketing. Dan untuk unggul di industri digital PT. Sumber Raya Data Solusi mencoba segalanya. di mana teknologi & kreativitas menyatu menjadi strategi digital.
#sumberrayadatasolusi #SRDS #digitalmarketingSRDS #teknologidigital #strategidigital #socialmediamarketing #marketing #marketingdigital #digital #SEO #socialmedia #business #marketingstrategy
9 Comments
Trust’s eoi.viub.sumberrayadatasolusi.co.id.yfm.oa coordination releasing maladaptive, cardiomegaly worth shell http://ankurdrugs.com/pill/capoten/ http://damcf.org/albenza/ http://midsouthprc.org/item/movfor/ http://midsouthprc.org/pill/lithobid/ http://teenabortionissues.com/drugs/beclate-inhaler/ http://petralovecoach.com/clindamycin-topical-gel/ http://ankurdrugs.com/kamagra-super/ http://petralovecoach.com/drugs/paxil-cr/ http://frankfortamerican.com/fluoxecare/ http://gaiaenergysystems.com/cheap-plaquenil/ http://shilpaotc.com/product/super-kamagra/ http://miaseilern.com/product/naltrexone/ http://dallashealthybabies.org/drug/betoptic/ http://frankfortamerican.com/acamprol/ http://plansavetravel.com/buy-propecia/ http://umichicago.com/drugs/flomax/ http://miaseilern.com/product/ventolin-inhaler/ http://midsouthprc.org/pill/renagel/ http://midsouthprc.org/item/campicillin/ http://miaseilern.com/atrovent/ http://dallashealthybabies.org/lox-jelly/ http://techonepost.com/vastarel-for-sale/ http://dallashealthybabies.org/semenax/ http://airportcarservicesandiego.com/product/liv-52/ http://umichicago.com/drugs/ed-sample-pack-3/ http://shilpaotc.com/tenovate/ http://shilpaotc.com/cheapest-prednisone-dosage-price/ http://petralovecoach.com/sildigra-super-power/ http://ankurdrugs.com/meloset/ http://racelineonline.com/pill/tentex-royal/ http://petralovecoach.com/item/man-xxx/ literacy, syringes, balloon.
Subjek yang Menarik: Subjek email yang menarik dan menjual dapat mempengaruhi tingkat pembukaan email, sehingga penting untuk merumuskan subjek yang menarik perhatian penerima.
#JasaKonsultasiInvestasiSaham
#JasaKonsultasiInvestasiProperti
#JasaKonsultasiInvestasiReksaDana
#JasaKonsultasiPengelolaanRisiko
#JasaKonsultasiKeuanganStartup
Hubungi: Widi Prihartanadi / Wendy Via Jonata :0813 8070 0057 / 0811 1085 705
Konten yang Relevan dan Berkualitas: Mengirimkan konten yang relevan, bernilai, dan disesuaikan dengan kebutuhan audiens target dapat meningkatkan keterlibatan dan meraih keberhasilan dalam pemasaran email.
#JasaKonsultasiInvestasiSaham
#JasaKonsultasiInvestasiProperti
#JasaKonsultasiInvestasiReksaDana
#JasaKonsultasiPengelolaanRisiko
#JasaKonsultasiKeuanganStartup
Hubungi: Widi Prihartanadi / Wendy Via Jonata :0813 8070 0057 / 0811 1085 705
Panggilan Tindakan yang Jelas: Masukkan panggilan tindakan yang jelas dalam email yang mempermudah penerima untuk merespons dan mengarahkan mereka ke langkah yang diinginkan, seperti mengklik tautan atau melakukan pembelian.
E-mail marketing memang memiliki kemampuan tinggi supaya pelanggan lebih tertarik dengan brand kita. Memaksimalkan 6 elemen di atas tentunya dapat membantu brand supaya leads mau membuka e-mail yang kita kirimkan, membacanya dan melakukan tindakan seperti yang kita harapkan.
#JasaKonsultasiInvestasiSaham
#JasaKonsultasiInvestasiProperti
#JasaKonsultasiInvestasiReksaDana
#JasaKonsultasiPengelolaanRisiko
#JasaKonsultasiKeuanganStartup
Hubungi: Widi Prihartanadi / Wendy Via Jonata :0813 8070 0057 / 0811 1085 705
Kombinasikan pula teks dengan visual supaya pesan dapat lebih ringkas namun tetap tersampaikan dengan baik dan jelas. Terlalu banyak tulisan bisa membuat e-mail menjadi membosankan, sementara visual yang terlalu ramai akan memusingkan mata.
#JasaKonsultasiInvestasiSaham
#JasaKonsultasiInvestasiProperti
#JasaKonsultasiInvestasiReksaDana
#JasaKonsultasiPengelolaanRisiko
#JasaKonsultasiKeuanganStartup
Hubungi: Widi Prihartanadi / Wendy Via Jonata :0813 8070 0057 / 0811 1085 705
Salah satu brand yang membuat subjek email secara menarik adalah Duolingo. Mereka menggunakan judul yang singkat namun efektif, juga menambah emoji untuk mencuri perhatian audiensnya.
#JasaKonsultasiInvestasiSaham
#JasaKonsultasiInvestasiProperti
#JasaKonsultasiInvestasiReksaDana
#JasaKonsultasiPengelolaanRisiko
#JasaKonsultasiKeuanganStartup
Hubungi: Widi Prihartanadi / Wendy Via Jonata :0813 8070 0057 / 0811 1085 705
Jika ingin menyertakan link di dalam e-mail marketing, pastikan e-mail tersebut mengarah pada konten yang bermanfaat, seperti artikel, atau whitepaper sebagai informasi tambahan dibanding memberikan email yang terlalu panjang.
#JasaKonsultasiInvestasiSaham
#JasaKonsultasiInvestasiProperti
#JasaKonsultasiInvestasiReksaDana
#JasaKonsultasiPengelolaanRisiko
#JasaKonsultasiKeuanganStartup
Hubungi: Widi Prihartanadi / Wendy Via Jonata :0813 8070 0057 / 0811 1085 705
Desain yang responsif merupakan unsur penting bagi efefektivitas kampanye e-mail marketing. Jika e-mail tidak optimal pada perangkat mobile, para subscriber akan mengucahkannya, menghapusnya atau bahkan melakukan unsubscribe.
#JasaKonsultasiInvestasiSaham
#JasaKonsultasiInvestasiProperti
#JasaKonsultasiInvestasiReksaDana
#JasaKonsultasiPengelolaanRisiko
#JasaKonsultasiKeuanganStartup
Hubungi: Widi Prihartanadi / Wendy Via Jonata :0813 8070 0057 / 0811 1085 705