6 Langkah Ampuh Memanusiakan Brand Anda
Mendapatkan kepercayaan dari konsumen merupakan hal yang penting bagi para pelaku bisnis. Oleh sebab itu, menjalin hubungan personal jangka panjang perlu untuk kita lakukan. Hal ini akan menciptakan perasaan nyaman dan percaya bagi para konsumen sehingga memperbesar peluang mereka untuk tetap membeli atau menggunakan produk yang dijual.
Namun, kepercayaan terhadap produk saja tidaklah cukup. Kita juga perlu membuat para konsumen mempercayai kita selaku pihak yang mengelola produk tersebut. Itulah sebabnya, penting untuk memberikan sebuah “wajah” dan “nama” yang mencerimankan produk, perusahaan, atau si pelaku bisnis itu sendiri. Dengan kata lain, kita perlu “memanusiakan” bisnis (humanize brand) yang dijalani.
Baca Juga: Memahami Apa itu Content Marketing
Alih-alih mempromosikan produk dengan cara tampil misterius atau hanya sekedar memanfaatkan teknologi yang ada, akan lebih baik jika menghadirkan langsung ‘persona’ yang menyenangkan, menarik, dan terpercaya ke hadapan para konsumen. Dengan membangun persona atau memanusiakan brand, tidak hanya akan membangun kepercayaan para konsumen, namun juga akan membuat produk selalu dikenang.
Ada begitu banyak cara yang bisa dilakukan untuk memanusiakan brand. Terlebih lagi di zaman yang serba canggih seperti sekarang ini, di mana media sosial sudah sangat melekat pada kehidupan sehari-hari manusia. Berikut adalah beberapa cara yang bisa diterapkan untuk memanusiakan brand yang kita kelola!
Ciptakan gaya yang personal. Saat ini, salah satu cara untuk berinteraksi langsung dengan konsumen adalah dengan hadir di berbagai platform media sosial. Kita bisa menunjuk salah satu tim untuk mengelola akun bisnis online tersebut. Namun sebelumnya, kita harus menciptakan style sendiri sebelum memposting apapun di akun media sosial, seperti gaya bahasa, topik tertentu dan lain-lain. Style ini pun harus diterapkan secara konsisten dan sesuai dengan target pasar dan juga brand personality!
Memperkenalkan staff. Setelah kita menunjuk tim untuk mengelola akun bisnis media sosial anda seperti Instagram, Twitter, dan sebagainya, kita bisa memperkenalkan tim yang mengelola akun tersebut, atau bahkan tim-tim lainnya yang berpengaruh besar dalam mengelola brand. Atau bisa juga dengan memperlihatkan foto wajah hingga menjelaskan profil singkat mereka. Sebab, perlu diingat bahwa hubungan yang baik antara perusahaan dengan konsumen adalah hubungan “people to people”, bukan hubungan “business to people”. Artinya, komunikasi terjadi antara orang ke orang, bukan antara perusahaan ke orang. Jika para konsumen sudah mengenal orang-orang di balik perusahaan, maka komunikasi secara personal dan emosional pun akan terjalin.
Ciptakan ruang diskusi. Media sosial memiliki kemampuan untuk menjadi wadah komunikasi dua arah, berbeda dengan televisi ataupun radio. Namun, banyak perusahaan yang menggunakan media sosial hanya untuk sekedar membagikan produk yang mereka jual. Sebaiknya, kita menggunakan media soisal sebagai wadah untuk berinteraksi dengan konsumen. Misalnya dengan meminta feedback dari konsumen mengenai produk yang ditawarkan, mengadakan sesi tanya jawab, meminta kritik dan saran, atau bahkan hanya sekedar mendengarkan keluh-kesah para konsumen. Dengan begitu, para konsumen akan merasa lebih didengar oleh pihak perusahaan.
Memberi apresiasi atau reward. Memberikan apresiasi serta menunjukkan sikap yang peduli kepada para konsumen merupakan salah satu cara terbaik untuk memanusiakan brand! Kita bisa memberikan hadiah berupa souvenir kecil dari perusahaan, atau memberikan penawaran seperti diskon khusus secara personal. Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan mengirimkan pesan secara personal kepada para pelanggan baru, atau justru memberikan hadiah khusus untuk para pelanggan lama. Hal ini akan membuat para konsumen merasa diperhatikan oleh perusahaan, sehingga besar kemungkinan mereka akan menjadi pelanggan setia dalam jangka waktu yang panjang.
Melibatkan seluruh karyawan. Brand amabsador terbaik yang dimiliki oleh perusahaan sebenarnya adalah karyawan perusahaan itu sendiri. Kita tidak perlu membahar mahal artis-artis ternama untuk menjadi brand ambassador. Cukup libatkan seluruh karyawan untuk menjadi penggemar setia dan fanatik dari produk brand kita! Kita bisa meminta seluruh karyawan perusahaan untuk mengunggah postingan apa saja yang berkaitan dengan produk di akun media sosial pribadi mereka masing-masing, atau memberikan testimoni positif terkait produk terkait. Cara ini bisa dikatakan cukup efiisien untuk memanusiakan brand. Sebab kebanyakkan konsumen akan lebih percaya dengan perkataan atau testimoni dari orang lain.
Bagikan cerita mengenai perusahaan. Selalu ada cerita dibalik perusahaan, produk, atau perjalanan bisnis. Jangan ragu untuk membagikannya kepada para konsumen. Transparansi seperti ini akan menciptakan daya tarik dan memberi alasan kepada para konsumen untuk tetap menggunakan atau membeli produk kita. Pastikan juga bahwa cerita yang akan dibagikan berkaitan dengan misi perusahaan dan nilai dari produk. Selain itu, membagikan cerita terkait perusahaan atau produk juga membuat para konsumen semakin percaya bahwa perusahaan tersebut “benar-benar nyata”.
Baca Juga: Tips Menjaga Hubungan Baik dengan Konsumen
Secara keseluruhan, memanusiakan brand dapat menciptakan hubungan yang lebih mendalam dan personal dengan para konsumen. Langkah memanusiakan brand juga dapat menciptakan perasaan nyaman dan percaya antara perusahaan dengan konsumen dan menghadirkan kesempatan untuk saling berkomunikasi.
Selain itu, keputusan untuk memanusiakan brand juga dapat membantu menjaga hubungan positif antara perusahaan dan konsumen, membuktikan bahwa perusahaan benar-benar dikelola oleh manusia, serta manusialah yang merespon setiap permintaan dari para konsumen.
sumber:https://marketingcraft.getcraft.com/id-articles/6-langkah-ampuh-memanusiakan-brand-anda
“Selamat Datang di Masa Depan”
PT. Sumber Raya Data Solusi
Smart Way to Digital Solutions
Bidang Usaha / Jasa :
- Jasa Digital Marketing (DIMA)
- Jasa Digital Ekosistem (DEKO)
- Jasa Digital Ekonomi (DEMI)
- Pembuatan Masterplan system berbasis komputasi
- Internet Of Thing (Smart Home dan Smart Office)
- Pembuatan dan Pengembangan Aplikasi Antar Platfrom
- Konsultan Aplikasi MicroBanking beserta Implementasinya
- Pembuatan dan pengembangan infrastruktur jaringan internet
- Pembuatan dan manajemen jaringan komputer
- Pengadaan Hardware Komputer
- Jasa Maintenance jaringan computer
Hubungi Widi Prihartanadi / Wendy Via Jonata : 0877 0070
0705 / 0811 1085 705
Email:
info@sumberrayadatasolusi.co.id
jasakonsultankeuanganindonesia@gmail.com
Jasakonsultankeuangan.co.id
Sumber Raya Data Solusi menyediakan layanan teknologi informasi.menyadari bahwa industri digital sedang berkembang pesat. maka PT. Sumber Raya Data Solusi siap bersaing terutama dalam bidang digital marketing. Dan untuk unggul di industri digital PT. Sumber Raya Data Solusi mencoba segalanya. di mana teknologi & kreativitas menyatu menjadi strategi digital.
#sumberrayadatasolusi #SRDS #digitalmarketingSRDS #teknologidigital #strategidigital #socialmediamarketing #marketing #marketingdigital #digital #SEO #socialmedia #business #marketingstrategy
9 Comments
Sangat penting untuk memanusiakan brand kita agar dapat terhubung dengan pelanggan secara lebih pribadi dan emosional. Langkah-langkah yang dijelaskan di sini sangat membantu
#JasaKeuanganProfesional
#JasaKonsultasiFinancial
#JasaFinancialServices
#JasaKeuanganKorporat
#JasaKonsultasiFinancialPlanning
Hubungi: Widi Prihartanadi / Wendy Via Jonata :0813 8070 0057 / 0811 1085 705
Menyukai konsep memanusiakan brand. Dengan memfokuskan pada nilai-nilai manusia, kita dapat menciptakan hubungan yang lebih kuat dan berarti dengan pelanggan kita.
#JasaKeuanganProfesional
#JasaKonsultasiFinancial
#JasaFinancialServices
#JasaKeuanganKorporat
#JasaKonsultasiFinancialPlanning
Hubungi: Widi Prihartanadi / Wendy Via Jonata :0813 8070 0057 / 0811 1085 705
Memanusiakan brand adalah cara yang brilian untuk membedakan diri di pasar yang kompetitif. Saya senang dengan langkah-langkah yang diberikan, terutama menekankan pada kejujuran dan konsistensi.
#JasaKonsultasiPerencanaanKeuangan
#JasaKonsultasiKeuanganPribadi
#JasaKeuanganUsaha
#JasaKonsultasiManajemenKeuangan
#JasaKonsultasiPembiayaan
Hubungi: Widi Prihartanadi / Wendy Via Jonata :0813 8070 0057 / 0811 1085 705
Setuju sepenuhnya! Langkah-langkah ini membantu kita mengingatkan bahwa di balik brand ada manusia yang sebenarnya. Ini adalah langkah penting untuk membangun hubungan yang langgeng dengan pelanggan.
#JasaKonsultasiPerencanaanKeuangan
#JasaKonsultasiKeuanganPribadi
#JasaKeuanganUsaha
#JasaKonsultasiManajemenKeuangan
#JasaKonsultasiPembiayaan
Hubungi: Widi Prihartanadi / Wendy Via Jonata :0813 8070 0057 / 0811 1085 705
Memberikan apresiasi serta menunjukkan sikap yang peduli kepada para konsumen merupakan salah satu cara terbaik untuk memanusiakan brand!
#sumberrayadatasolusi
#SRDS
#digitalmarketingSRDS
#teknologidigital
#strategidigital
#socialmediamarketing
#marketing
#marketingdigital
#digital
#SEO
#socialmedia
#business #marketingstrategy
Hubungi Widi Prihartanadi / Wendy Via Jonata : 0877 0070
0705 / 0811 1085 705
Komunikasi terjadi antara orang ke orang, bukan antara perusahaan ke orang. Jika para konsumen sudah mengenal orang-orang di balik perusahaan, maka komunikasi secara personal dan emosional pun akan terjalin.
#sumberrayadatasolusi
#SRDS
#digitalmarketingSRDS
#teknologidigital
#strategidigital
#socialmediamarketing
#marketing
#marketingdigital
#digital
#SEO
#socialmedia
#business #marketingstrategy
Hubungi Widi Prihartanadi / Wendy Via Jonata : 0877 0070
0705 / 0811 1085 705
Pastikan juga bahwa cerita yang akan dibagikan berkaitan dengan misi perusahaan dan nilai dari produk.
#sumberrayadatasolusi
#SRDS
#digitalmarketingSRDS
#teknologidigital
#strategidigital
#socialmediamarketing
#marketing
#marketingdigital
#digital
#SEO
#socialmedia
#business #marketingstrategy
Hubungi Widi Prihartanadi / Wendy Via Jonata : 0877 0070
0705 / 0811 1085 705
Media sosial memiliki kemampuan untuk menjadi wadah komunikasi dua arah, berbeda dengan televisi ataupun radio. Namun, banyak perusahaan yang menggunakan media sosial hanya untuk sekedar membagikan produk yang mereka jual. Sebaiknya, kita menggunakan media soisal sebagai wadah untuk berinteraksi dengan konsumen.
#sumberrayadatasolusi
#SRDS
#digitalmarketingSRDS
#teknologidigital
#strategidigital
#socialmediamarketing
#marketing
#marketingdigital
#digital
#SEO
#socialmedia
#business
#marketingstrategy
Hubungi Widi Prihartanadi / Wendy Via Jonata : 0877 0070
0705 / 0811 1085 705
Brand amabsador terbaik yang dimiliki oleh perusahaan sebenarnya adalah karyawan perusahaan itu sendiri. Kita tidak perlu membahar mahal artis-artis ternama untuk menjadi brand ambassador. Cukup libatkan seluruh karyawan untuk menjadi penggemar setia dan fanatik dari produk brand kita.
#sumberrayadatasolusi
#SRDS
#digitalmarketingSRDS
#teknologidigital
#strategidigital
#socialmediamarketing
#marketing
#marketingdigital
#digital
#SEO
#socialmedia
#business
#marketingstrategy
Hubungi Widi Prihartanadi / Wendy Via Jonata : 0877 0070
0705 / 0811 1085 705