Bagaimana Cara Membuat Report Kampanye Pemasaran?

Salah satu hal yang penting di akhir perjalanan kampanye marketing adalah membuat laporan atau report dari campaign yang dijalankan. Walau mungkin sebagian ada yang kurang tertarik dalam mengerjakan report karena lebih banyak berkutat dengan data dan angka, namun report memiliki fungsi yang signifikan bagi brand.

Lewat sebuah report, brand memiliki hanya satu file namun berisikan informasi lengkap seputar kampanye marketing yang dijalankan. Dengan report tersebut pula brand dapat dengan mudah mengidentifikasi performa campaign, apakah berhasil mencapai tujuan atau tidak, juga mengetahui improvement yang perlu dilakukan pada kampanye pemasaran selanjutnya.

Baca Juga: Memahami Apa itu Content Marketing

Setelah memiliki report, brand dapat membagikannya kepada tim-tim internal atau klien sehingga mereka juga menjadi tahu kesuksesan kampanye yang dijalankan dan juga peluang kesuksesan brand dalam menjalankan kampanye marketing berikutnya.

Lalu bagaimana cara membuat report kampanye pemasaran?

Cara membuat

Ada 3 hal yang penting diperhatikan dalam membuat sebuah report yaitu:

  • Menggunakan format yang sederhana supaya tidak membingungkan bagi orang lain yang membacanya dan mereka bisa langsung mendapat poin penting yang ingin disampaikan.
  • Ditambahkan dengan konten visual agar semakin menarik. Aspek visual membuat report menjadi lebih mudah dibaca oleh orang lain, semisal mengubah data-data ke dalam bentuk grafik.
  • Memadukan data dan informasi secara tepat.

Apa yang perlu dimasukkan dalam report?

Di dalam sebuah report setidaknya ada 3 hal yang perlu untuk kita tampilkan yaitu:

Campaign objective

Sebuah report yang baik biasanya dimulai dengan recap. Kita bisa menuturkan objektif dari menjalankan kampanye tersebut dan juga metriks kesuksesan yang diukur. Sebelum memulai sebuah kampanye marketing, biasanya, brand dihadapkan pada pertanyaan, “Apa tujuan menjalankan kampanye ini?” Dan di dalam report itu nantinya perlu pula dijabarkan mengenai hal-hal yang dilakukan dalam mencapai objektif tersebut dan bagaimana tingkat kesuksesannya.

Hal yang penting diingat bahwa, report yang kita buat ini akan dibagikan dan dibaca oleh tim internal, klien atau siapapun yang memiliki kepentingan terhadap report terkait. Maka pastikan kita menjabarkan informasi secara detail karena para pembacanya mungkin tidak terlalu familiar dengan campaign yang kita jalankan tersebut. Bagian terpenting yang perlu kita utarakan pada bagian ini adalah tujuan utama menjalankan kampanye dan bagaimana cara kita mengukur kesuksesannya.

Performa channel dan contoh konten

Di dalam report yang kita buat, setelah mengenalkan kampanye yang kita jalankan, saatnya memberikan informasi spesifik seputar hasil campaign tersebut. Dalam pembuatannya kita perlu memperhatikan dan mendalami berbagai tools analisis untuk mengukur performa kampanye dan menyusun data tersebut sesuai kebutuhan.

Setelah itu, yang kita lakukan adalah menyusun dan mengumpulkan data sesuai dengan objektif kampanye. Namun biasanya data yang ditelusuri adalah persentasi views audiens, persentase engagement dan juga cost per view. Tetapi metriks ini dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebutuhan dan tujuan.

Jangan lupa juga untuk menjadikan data-data tersebut ke dalam bentuk visual seperti grafik. Dengan begitu para pembaca akan lebih mudah untuk memahami report yang kita buat dan sampaikan. Selain itu, perlihatkan juga konten-konten yang telah dibuat berikut hasilnya.

Report yang kita sampaikan ini akan dibagikan kepada para stakeholder, dan tentunya kita ingin memperlihatkan hasil yang terbaik. Karena itu, jika ada komentar yang baik dari audiens, seperti mereka ingin membeli produk atau menggunakan jasa yang ditawarkan, kita perlu memasukannya ke dalam report tersebut.

Observasi

Biasanya sebuah report berakhir pada bagian performa channel saja. Padahal kita dapat melanjutkannya dan membuat observasi berdasarkan performa tersebut. Dan hal ini membuat report tadi menjadi lebih lengkap dan terpercaya.

Pada bagian observasi ini kita dapat memasukkan hasil pantuan kita mengenai bagian kampanye atau konten mana yang dapat bekerja secara baik, atau bagian mana yang kinerjanya tidak maksimal. Setelah itu, berikan penjelasan mengapa hal itu dapat terjadi. Menjabarkan observasi ini tentunya akan memudahkan kita ketika ingin melakukan kampanye marketing ke depannya. Kita dapat menjadi tahu apa-apa yang perlu dilakukan atau dihindari.

Dan jika berdasarkan observasi ternyata hasil kampanye tersebut tidak sesuai harapan atau tidak mencapai objektif yang ditentukan, kita juga perlu memaparkannya. Hal ini akan berguna sebagai masukan untuk kampanye berikutnya. Kita sudah memiliki data lengkap dan juga ssudah mengenal audiens, sehingga akan membantu kita untuk lebih maksimal pada kampanye pemasaran berikutnya.

Baca Juga: 6 Content Marketing Tools yang Patut Dicoba

Membuat report kampanye marketing tentu memberikan keuntungan bagi brand. Karena brand menjadi tahu bagian-bagian penting kampanye yang perlu dipertahankan dan juga bagian mana yang sebaiknya diperbaiki. Dengan begitu, brand mempunyai gambaran jelas mengenai apa yang perlu dilakukan supaya bisa mencapai objektif secara efektif dan efisien.

sumber:https://marketingcraft.getcraft.com/id-articles/bagaimana-cara-membuat-report-kampanye-pemasaran

“Selamat Datang di Masa Depan”

PT. Sumber Raya Data Solusi

Smart Way to Digital Solutions

Bidang Usaha / Jasa :

  • Jasa Digital Marketing (DIMA)
  • Jasa Digital Ekosistem (DEKO)
  • Jasa Digital Ekonomi (DEMI)
  • Pembuatan Masterplan system berbasis komputasi
  • Internet Of Thing (Smart Home dan Smart Office)
  • Pembuatan dan Pengembangan Aplikasi Antar Platfrom
  • Konsultan Aplikasi MicroBanking beserta Implementasinya
  • Pembuatan dan pengembangan infrastruktur jaringan internet
  • Pembuatan dan manajemen jaringan komputer
  • Pengadaan Hardware Komputer
  • Jasa Maintenance jaringan computer

Hubungi Widi Prihartanadi / Wendy Via Jonata : 0877 0070

0705 / 0811 1085 705

Email:

info@sumberrayadatasolusi.co.id

jasakonsultankeuanganindonesia@gmail.com

Jasakonsultankeuangan.co.id

Sumber Raya Data Solusi menyediakan layanan teknologi informasi.menyadari bahwa industri digital sedang berkembang pesat. maka PT. Sumber Raya Data Solusi siap bersaing terutama dalam bidang digital marketing. Dan untuk unggul di industri digital PT. Sumber Raya Data Solusi mencoba segalanya. di mana teknologi & kreativitas menyatu menjadi strategi digital.

#sumberrayadatasolusi #SRDS #digitalmarketingSRDS #teknologidigital #strategidigital #socialmediamarketing #marketing #marketingdigital #digital #SEO #socialmedia #business #marketingstrategy

9 Comments

  • Terimakasih PT. Sumber Raya Data Solusi telah menggunakan jasa PT. Jasa Konsultan Keuangan dalam Accounting Service dan Pajak, terimakasih juga PT. Sumber Raya Data Solusi telah membantu PT. Jasa Konsultan Keuangan dalam pengelolaan Marketing Digital.

    Salam sukses
    PT. Percetakan Konveksi Sablon Client PT. Jasa Konsultan Keuangan

    Hubungi :
    Widi Prihartanadi
    0877-0070-0705

  • Panduan yang sangat berguna! Saya menyukai langkah-langkah yang dijelaskan secara rinci tentang cara membuat laporan kampanye pemasaran. Ini akan membantu saya dalam mengukur keberhasilan dan mengidentifikasi area perbaikan.

    #JasaKonsultasiInvestasiSaham
    #JasaKonsultasiInvestasiProperti
    #JasaKonsultasiInvestasiReksaDana
    #JasaKonsultasiPengelolaanRisiko
    #JasaKonsultasiKeuanganStartup
    Hubungi: Widi Prihartanadi / Wendy Via Jonata :0813 8070 0057 / 0811 1085 705

  • Penjelasan yang sangat terperinci tentang pembuatan laporan kampanye pemasaran. Dengan mengikuti langkah-langkah yang dijelaskan, saya yakin dapat menghasilkan laporan yang informatif dan mendalam.

    #JasaKonsultasiInvestasiSaham
    #JasaKonsultasiInvestasiProperti
    #JasaKonsultasiInvestasiReksaDana
    #JasaKonsultasiPengelolaanRisiko
    #JasaKonsultasiKeuanganStartup
    Hubungi: Widi Prihartanadi / Wendy Via Jonata :0813 8070 0057 / 0811 1085 705

  • Setelah memiliki report, brand dapat membagikannya kepada tim-tim internal atau klien sehingga mereka juga menjadi tahu kesuksesan kampanye yang dijalankan dan juga peluang kesuksesan brand dalam menjalankan kampanye marketing berikutnya.

    #JasaKonsultasiInvestasiSaham
    #JasaKonsultasiInvestasiProperti
    #JasaKonsultasiInvestasiReksaDana
    #JasaKonsultasiPengelolaanRisiko
    #JasaKonsultasiKeuanganStartup
    Hubungi: Widi Prihartanadi / Wendy Via Jonata :0813 8070 0057 / 0811 1085 705

  • Report yang kita buat akan dibagikan dan dibaca oleh tim internal, klien atau siapapun yang memiliki kepentingan terhadap report terkait.

    #JasaKonsultasiInvestasiSaham
    #JasaKonsultasiInvestasiProperti
    #JasaKonsultasiInvestasiReksaDana
    #JasaKonsultasiPengelolaanRisiko
    #JasaKonsultasiKeuanganStartup
    Hubungi: Widi Prihartanadi / Wendy Via Jonata :0813 8070 0057 / 0811 1085 705

  • Setelah memiliki report, brand membagikannya kepada tim-tim internal atau klien sehingga mereka juga menjadi tahu kesuksesan kampanye yang dijalankan dan juga peluang kesuksesan brand dalam menjalankan kampanye marketing berikutnya.

    #JasaKonsultasiInvestasiSaham
    #JasaKonsultasiInvestasiProperti
    #JasaKonsultasiInvestasiReksaDana
    #JasaKonsultasiPengelolaanRisiko
    #JasaKonsultasiKeuanganStartup
    Hubungi: Widi Prihartanadi / Wendy Via Jonata :0813 8070 0057 / 0811 1085 705

  • Sebuah report yang baik biasanya dimulai dengan recap. Kita bisa menuturkan objektif dari menjalankan kampanye tersebut dan juga metriks kesuksesan yang diukur. Sebelum memulai sebuah kampanye marketing, biasanya, brand dihadapkan pada pertanyaan,

    #JasaKonsultasiInvestasiSaham
    #JasaKonsultasiInvestasiProperti
    #JasaKonsultasiInvestasiReksaDana
    #JasaKonsultasiPengelolaanRisiko
    #JasaKonsultasiKeuanganStartup
    Hubungi: Widi Prihartanadi / Wendy Via Jonata :0813 8070 0057 / 0811 1085 705

  • Walau mungkin sebagian ada yang kurang tertarik dalam mengerjakan report karena lebih banyak berkutat dengan data dan angka, namun report memiliki fungsi yang signifikan bagi brand.

    #JasaKonsultasiInvestasiSaham
    #JasaKonsultasiInvestasiProperti
    #JasaKonsultasiInvestasiReksaDana
    #JasaKonsultasiPengelolaanRisiko
    #JasaKonsultasiKeuanganStartup
    Hubungi: Widi Prihartanadi / Wendy Via Jonata :0813 8070 0057 / 0811 1085 705

  • Pada bagian observasi ini kita dapat memasukkan hasil pantuan kita mengenai bagian kampanye atau konten mana yang dapat bekerja secara baik, atau bagian mana yang kinerjanya tidak maksimal.

    #JasaKonsultasiInvestasiSaham
    #JasaKonsultasiInvestasiProperti
    #JasaKonsultasiInvestasiReksaDana
    #JasaKonsultasiPengelolaanRisiko
    #JasaKonsultasiKeuanganStartup
    Hubungi: Widi Prihartanadi / Wendy Via Jonata :0813 8070 0057 / 0811 1085 705

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top