Jalan Terang Menuju Transformasi Digital UMKM

Siapa yang sarapannya nasi uduk? Siapa yang suka jajan rujak di saat istirahat jam kantor? Siapa yang suka beli baju bekas di marketplace? Saya sendiri tak lepas dari nasi uduk dan kue-kue basah untuk sarapan.

Makan siang, warung tegal (Warteg) jadi pilihan. Malam hari, angkringan jadi tujuan terakhir. Hampir semua orang di ibu kota Jakarta bahkan di berbagai kota besar lain di Indonesia pasti pernah sarapan nasi uduk, jajan rujak, dan beli baju bekas di marketplace. Ya, kehidupan kita sehari-hari dipenuhi dengan produk-produk buatan dan dijual oleh anak bangsa.

Rasanya tak berlebihan jika Indonesia disebut sebagai “surga produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM)”. Dari awal membuka mata sampai memejamkan mata setiap harinya, produk UMKM denga mudah ditemukan di sekitar kita.

Berdasarkan ASEAN Investment Report yang dirilis September 2022, Indonesia memiliki usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) terbanyak di kawasan Asia Tenggara. Jumlah pelaku UMKM di Indonesia pada tahun 2021 mencapai sekitar 65,46 juta. \

Jumlah UMKM di Indonesia mengalahkan Thailand, Malaysia, Filipina, dan negara-negara Asia Tenggara lainnya. Pada tahun 2021, UMKM Indonesia tercatat mampu menyerap 97 persen tenaga kerja, menyumbang 60,3 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB), serta berkontribusi 14,4 persen terhadap ekspor nasional. Sadar atau tidak, kita tumbuh besar bersama produk UMKM. UMKM menjadi denyut nadi perekonomian Indonesia. Menjaga asa dan menyelamatkan UMKM, berarti menyelamatkan Indonesia.

Halang Rintang Sektor UMKM

Berbicara soal UMKM, rintangan yang kerap dihadapi tak melulu soal modal. Fakta di lapangan yang Kompas.com temukan saat ini justru adalah soal sumber daya manusia pelaku UMKM dan daya saing produk UMKM. Pengetahuan bisnis, literasi digital, manajemen pemasaran produk, akses pasar, dan rendahnya tingkat daya saing produk UMKM.

Dari sejumlah pelaku UMKM yang Kompas.com temui terungkap bahwa mereka tak tahu bagaimana meningkatkan kualitas produk dan cara menjual produk UMKM agar laris. Mereka pun bingung bagaimana produk UMKM buatan mereka bisa bersaing bahkan bisa menembus pasar ekspor. Di kesempatan yang lain, banyak produk UMKM yang Kompas.com temukan punya potensi dan kualitas yang bisa bersaing dengan produk lainnya.

Namun, mereka kesulitan untuk mengemas produknya dengan menarik dan memasarkan ke pelaku industri yang lebih besar. Para pelaku UMKM belum bergabung ke dalam ekosistem bisnis untuk berkembang lebih baik.

Jurang antar kelas di sektor UMKM pun bagaikan dalamnya Palung Mariana di Samudera Pasifik. KemenKopUKM mencatat jumlah pelaku usaha mikro pada tahun 2019 yakni sebanyak 64,6 juta.

Jumlah pelaku usaha mikro tersebut setara 98,67 persen dari total jumlah UMKM di Indonesia. Perbedaan jumlah yang sangat signifikan tersebut menjadi pekerjaan rumah lintas sektoral. Apalagi, banyak pelaku UMKM yang terpuruk di masa pandemi Covid-19. Percepatan dan transformasi digital di sektor UMKM menjadi agenda penting seluruh dunia termasuk Indonesia. Dari pandemi Covid-19, Indonesia belajar soal perubahan perilaku pasar dan perubahan platform bisnis UMKM. Perilaku masyarakat menjadi serba digital.

Pembatasan sosial dan interaksi fisik telah mendorong penggunaan e-commerce dan e-wallet secara masif. Peneliti Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Indonesia, Dr. Alfindra Primaldhi dalam risetnya tahun 2020, mengungkapkan, situasi pandemi mendorong perubahan perilaku dari konsumen. Selain itu, terlihat ada percepatan proses digitalisasi oleh konsumen di Indonesia. “Selama pandemi konsumen semakin bergantung pada layanan digital tradisional, seperti pemesanan makanan, pengiriman barang, dan pembayaran digital,” ujar Alfindra dalam keterangannya.

sumber: https://umkm.kompas.com/read/2022/12/20/200025183/jalan-terang-menuju-transformasi-digital-umkm?page=1

“Selamat Datang di Masa Depan”

PT. Sumber Raya Data Solusi

Smart Way to Digital Solutions

Bidang Usaha / Jasa :

  • Jasa Digital Marketing (DIMA)
  • Jasa Digital Ekosistem (DEKO)
  • Jasa Digital Ekonomi (DEMI)
  • Pembuatan Masterplan system berbasis komputasi
  • Internet Of Thing (Smart Home dan Smart Office)
  • Pembuatan dan Pengembangan Aplikasi Antar Platfrom
  • Konsultan Aplikasi MicroBanking beserta Implementasinya
  • Pembuatan dan pengembangan infrastruktur jaringan internet
  • Pembuatan dan manajemen jaringan komputer
  • Pengadaan Hardware Komputer
  • Jasa Maintenance jaringan computer

Hubungi Widi Prihartanadi / Wendy Via Jonata : 0877 0070

0705 / 0811 1085 705

Email:

info@sumberrayadatasolusi.co.id

jasakonsultankeuanganindonesia@gmail.com

Jasakonsultankeuangan.co.id

Sumber Raya Data Solusi menyediakan layanan teknologi informasi.menyadari bahwa industri digital sedang berkembang pesat. maka PT. Sumber Raya Data Solusi siap bersaing terutama dalam bidang digital marketing. Dan untuk unggul di industri digital PT. Sumber Raya Data Solusi mencoba segalanya. di mana teknologi & kreativitas menyatu menjadi strategi digital.

#sumberrayadatasolusi #SRDS #digitalmarketingSRDS #teknologidigital #strategidigital #socialmediamarketing #marketing #marketingdigital #digital #SEO #socialmedia #business #marketingstrategy

8 Comments

  • Jumlah UMKM di Indonesia mengalahkan Thailand, Malaysia, Filipina, dan negara-negara Asia Tenggara lainnya. Pada tahun 2021, UMKM Indonesia tercatat mampu menyerap 97 persen tenaga kerja, menyumbang 60,3 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB), serta berkontribusi 14,4 persen terhadap ekspor nasional. Sadar atau tidak, kita tumbuh besar bersama produk UMKM. UMKM menjadi denyut nadi perekonomian Indonesia. Menjaga asa dan menyelamatkan UMKM, berarti menyelamatkan Indonesia.

    #sumberrayadatasolusi #SRDS #digitalmarketingSRDS #teknologidigital #strategidigital #socialmediamarketing #marketing #marketingdigital #digital #SEO #socialmedia #business #marketingstrategy

    Hubungi Widi Prihartanadi / Wendy Via Jonata : 0877 0070 0705 / 0811 1085 705

  • Jumlah pelaku usaha mikro tersebut setara 98,67 persen dari total jumlah UMKM di Indonesia. Perbedaan jumlah yang sangat signifikan tersebut menjadi pekerjaan rumah lintas sektoral. Apalagi, banyak pelaku UMKM yang terpuruk di masa pandemi Covid-19. Percepatan dan transformasi digital di sektor UMKM menjadi agenda penting seluruh dunia termasuk Indonesia.

    #sumberrayadatasolusi #SRDS #digitalmarketingSRDS #teknologidigital #strategidigital #socialmediamarketing #marketing #marketingdigital #digital #SEO #socialmedia #business #marketingstrategy

    Hubungi Widi Prihartanadi / Wendy Via Jonata : 0877 0070 0705 / 0811 1085 705

  • UMKM kesulitan untuk mengemas produknya dengan menarik dan memasarkan ke pelaku industri yang lebih besar. Para pelaku UMKM belum bergabung ke dalam ekosistem bisnis untuk berkembang lebih baik.

    #sumberrayadatasolusi #SRDS #digitalmarketingSRDS #teknologidigital #strategidigital #socialmediamarketing #marketing #marketingdigital #digital #SEO #socialmedia #business #marketingstrategy

    Hubungi Widi Prihartanadi / Wendy Via Jonata : 0877 0070 0705 / 0811 1085 705

  • Pembatasan sosial dan interaksi fisik telah mendorong penggunaan e-commerce dan e-wallet secara masif. Peneliti Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Indonesia, Dr. Alfindra Primaldhi dalam risetnya tahun 2020, mengungkapkan, situasi pandemi mendorong perubahan perilaku dari konsumen.

    #sumberrayadatasolusi #SRDS #digitalmarketingSRDS #teknologidigital #strategidigital #socialmediamarketing #marketing #marketingdigital #digital #SEO #socialmedia #business #marketingstrategy

    Hubungi Widi Prihartanadi / Wendy Via Jonata : 0877 0070 0705 / 0811 1085 705

  • Panduan Berharga: Jalan Terang Menuju Transformasi Digital bagi UMKM” Komentar: Artikel ini memberikan panduan yang berharga bagi UMKM dalam menghadapi transformasi digital. Informasi dan strategi yang disajikan akan membantu UMKM meraih peluang dalam dunia bisnis digital.

    #JasaKeuanganProfesional
    #JasaKonsultasiFinancial
    #JasaFinancialServices
    #JasaKeuanganKorporat
    #JasaKonsultasiFinancialPlanning
    Hubungi: Widi Prihartanadi / Wendy Via Jonata :0813 8070 0057 / 0811 1085 705

  • Inklusi Digital: Transformasi Menuju Masa Depan yang Terang untuk UMKM” Komentar: Transformasi digital dapat menjadi sarana inklusi bagi UMKM untuk menuju masa depan yang lebih terang. Artikel ini mengingatkan kita tentang pentingnya dukungan dan kesempatan bagi UMKM dalam mengadopsi teknologi digital.

    #JasaKeuanganProfesional
    #JasaKonsultasiFinancial
    #JasaFinancialServices
    #JasaKeuanganKorporat
    #JasaKonsultasiFinancialPlanning
    Hubungi: Widi Prihartanadi / Wendy Via Jonata :0813 8070 0057 / 0811 1085 705

  • Meningkatkan Daya Saing: Transformasi Digital Memperkuat Posisi UMKM di Pasar Global” Komentar: Transformasi digital memberikan peluang bagi UMKM untuk meningkatkan daya saing mereka di pasar global. Artikel ini menyajikan pandangan yang optimis tentang potensi pertumbuhan bisnis UMKM dengan teknologi digital.

    #JasaKonsultasiPerencanaanKeuangan
    #JasaKonsultasiKeuanganPribadi
    #JasaKeuanganUsaha
    #JasaKonsultasiManajemenKeuangan
    #JasaKonsultasiPembiayaan
    Hubungi: Widi Prihartanadi / Wendy Via Jonata :0813 8070 0057 / 0811 1085 705

  • Berbagi Sukses: Transformasi Digital sebagai Jalan Terang bagi Kolaborasi UMKM” Komentar: Transformasi digital bukan hanya tentang pertumbuhan individu, tetapi juga menggalang kolaborasi di antara UMKM. Artikel ini memberikan inspirasi tentang bagaimana UMKM bisa bersama-sama berbagi sukses di era digital.

    #JasaKonsultasiPerencanaanKeuangan
    #JasaKonsultasiKeuanganPribadi
    #JasaKeuanganUsaha
    #JasaKonsultasiManajemenKeuangan
    #JasaKonsultasiPembiayaan
    Hubungi: Widi Prihartanadi / Wendy Via Jonata :0813 8070 0057 / 0811 1085 705

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top